Minggu, 19 May 2024
  • Bappelitbangda@luwuutarakab.go.id

Bappeda Luwu Utara mengadakan acara Evaluasi DAK 2019 dan Sosialisasi DAK 2020.

 Bappeda Luwu Utara mengadakan acara Evaluasi DAK 2019 dan Sosialisasi DAK 2020. BAPPEDA

MASAMBA – Bappeda Luwu Utara mengadakan acara Evaluasi DAK 2019 dan Sosialisasi DAK 2020. yang diselenggarakan di Ruang Aula Bappeda, pada 6 Mei 2019. Acara ini diikuti perwakilan SKPD pengusul DAk 2020.

KRISNA merupakan sistem e-planning  yang diiniasi Kementerian PPN/Bappenas berkat dukungan KSI pada pertengahan 2016 silam. KRISNA merupakan integrasi antara tiga kementerian, yaitu Kementerian PPN/Bappenas, Kemenkeu, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) yang dituangkan ke dalam bentuk satu sistem aplikasi tunggal untuk mendukung proses perencanaan, penganggaran, serta pelaporan informasi kinerja. KRISNA digunakan dalam proses penyusunan Rencana Kerja (Renja) K/L Tahun 2020 yang selanjutnya akan menjadi referensi bagi Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) K/L. Aplikasi ini bersifat real-time, berbasis web, online, serta dapat diakses melalui perangkat elektronik yang terhubung dengan internet.

Acara diawali sambutan dan dilanjutkan materi, Kabid Ekonomi SDA & Infrastruktur Ramlan ST MT. Dalam sambutannya, mengatakan tujuan diselenggarakan acara ini adalah untuk mensosialisasikan DAK-KRISNA. Menurut beliau acara ini sangat penting untuk penerapan dan pelaksanaan DAK yang diharapkan ke depan semakin tajam dan transparan. “di tahun 2020 ada bidang-bidang baru. Untuk pelaksanaan DAK 2019, belum pernah evaluasi, jadi kita belum tahu bagaimana tingkat realisasi fisik dan keuangan masing-masing skpd penerima DAK 2019.,” tutur Ramlan.

Hadir pula Kabid Analisis Data Perencanaan dan Pembangunan Muh Khalis, ST MSi yang memberikan pemamparan materi terkait Kebijakan DAK 2020. “ Ada tiga jenis DAK Fisik 2020 yaitu DAK Fisik Rgeguler, DAK Fisik Afirmasi dan DAK Fisik Penugasan. Adapun Tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020 adalah peningkatan sumberdaya manusia untuk pertumbuhan berkualitas” ujar Khalis.Dikesempatan acara yang sama beliau mengingatkan SKPD Jadwal perencanaan dan pengangaran DAK FIsik Tahun 2020 batas waktu penginputan pengusulan DAK fisik melalui aplikasi KRISNA dari 1 Mei sampai Minggu ke dua Juni 2019. (IQB)