Minggu, 19 May 2024
  • Bappelitbangda@luwuutarakab.go.id

Ovan : Kenalkan, ini PUGALU-Sip Ramuan BAPPEDA

Ovan : Kenalkan, ini PUGALU-Sip Ramuan BAPPEDA Sosialisasi Pugalu-Sip Aula kantor Camat Sabbang Selatan, Selasa (25/5/2021)

Bappeda.luwuutarakab.go.id, Sabbang – Bertempat di aula Kantor Camat Sabbang Selatan, BAPPEDA menggelar sosialisasi sistem PUGALU-Sip yang merupakan akronim dari Pemantauan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Partisipatif. Acara ini dibuka oleh Camat Sabbang Selatan dan dihadiri para Kepala Desa dan Perwakilan Masyarakat se-Kec. Sabbang Selatan dengan tetap mengikuti instruksi dan Protokol Kesehatan Covid-19, Selasa, 25/05/2021.


Saat ini, partisipasi masyarakat dalam pembangunan masih terbatas pada ranah perencanaan sedangkan dalam ranah implementasi pembangunan dalam hal ini pemantauan dan evaluasi, partisipasi masih sangat minim yang salah satunya disebabkan belum optimalnya ruang partisipasi atau akses publik terhadap data/informasi pelaksanaan pembangunan.


Atas kondisi tersebut, Kepala Bidang Ekonomi, SDA Infrastruktur BAPPEDA, Ovan Patuang Putra selaku penggagas inovasi PUGALU-Sip menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui BAPPEDA sedang mengembangkan Sistem PUGALU-Sip berupa aplikasi berbasis website sebagai sistem pelaporan secara berjenjang oleh organisasi perangkat daerah yang diintegrasikan dengan akses informasi dan partisipasi publik terhadap pelaksanaan pembangunan di Kab. Luwu Utara.


Pemanfaatan teknologi informasi dalam sistem PUGALU-Sip ini, lanjut Ovan, menjadi kebutuhan di era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0 segaligus bentuk komitmen pemerintah Kab. Luwu Utara dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pembangunan yang transparan dan akuntabel melalui pelibatan masyarakat yang menjadi objek sekaligus subjek pembangunan sehingga dapat memberikan konfirmasi terhadap klaim kinerja pemerintah. 


Sosialisasi ini selain untuk memperkenalkan aplikasi PUGALU-Sip yang dapat dengan mudah diakses secara online melalui halaman https://pugalu.luwuutarakab.go.id/, juga memberikan pemahaman agar dalam penerapan aplikasi ini dapat digunakan dengan baik dalam proses pemantauan pelaksanaan pembangunan di Kab. Luwu Utara.


Setelah pembukaan, dipaparkan mengenai tampilan dan fitur dari aplikasi PUGALU-Sip oleh tim BAPPEDA selaku pengembang aplikasi yang dilanjutkan dengan petunjuk teknis tentang penginputan tanggapan agar dapat berjalan sesuai yang diharapkan.