Minggu, 19 May 2024
  • Bappelitbangda@luwuutarakab.go.id

Coming soon.... PUGALU-Sip

Coming soon.... PUGALU-Sip Penyampaian dukungan Bupati Luwu Utara terhadap project Pugalu-Sip

Bappeda.luwuutarakab.go.id, Masamba – Bappeda saat ini sedang mengembangkan sebuah sistem Pemantauan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan secara partisipatif dengan akronim PUGALU-Sip.

Project ini di gagas oleh Kabid Ekonomi SDA dan Infrastruktur Ovan Patuang Putra yang juga merupakan aksi Perubahan dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang sedang diikutinya.

Ide awal project ini muncul, dimulai dari kegelisahan Ovan yang menginginkan agar proses Evaluasi Pembangunan juga dapat diakses oleh publik layaknya proses Perencanaan yang selama ini telah berjalan seperti Musrembang, hal ini sesuai amanat Peraturan perundang-undangan di bidang perencanaan.

"Saya membayangkan bagaimana publik tidak hanya mengusul kegiatan di Pemerintah Daerah tapi juga dapat memantau usulan dan mengikuti progres pelaksanaan pembangunan" ujar Ovan.

Lebih lanjut Kabid Ekonomi itu menyebut dengan adanya partisipasi masyarakat akan membatu Pemerintah Daerah khususnya Bappeda dalam menerima feedback masyarakat untuk di jadikan acuan dalam proses perencanaan berikutnya.

Sementara itu Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani sangat merespon Project ini, "Kita berharap ini dapat diaplikasikan secara maksimal sehingga dapat mendukung penyelenggaraan pembangunan yang tranparans dan akuntabel di Kabupaten Luwu Utara" sebut Indah.

Bagaimana kelanjutannya?, kita tunggu perkembangannya.